Tips Menciptakan Prototipe Sebuah Produk Untuk Menjalankan Bisnis

Tips Menciptakan Prototipe Sebuah Produk Untuk Menjalankan Bisnis

pinkhungry.com – Selama ini, ketika ada produk baru yang beredar di pasaran, berarti produk tersebut telah lolos berbagai tahap perancangan. Termasuk dalam menciptakan prototipe terlebih dahulu. Karena tidak mungkin sebuah produk bisa dikembangkan secara massal tanpa adanya penelitian lebih lanjut. Nah, langkah pertama dalam menciptakan prototipe adalah mencetuskan ide. 

Kemudian, ada berbagai langkah yang harus dilalui untuk membuat ide tersebut bisa diwujudkan dalam prototipe, untuk selanjutnya dipresentasikan pada para investor bagi para pebisnis. Dan langkah pembuatan prototipe disebut sebagai salah satu yang paling rumit karena menentukan masa depan atau nasib dari produk itu sendiri. 

Langkah-Langkah Membuat Produk Sedari Awal 

Jika ingin membuat produk yang benar-benar baru, ada berbagai metode yang harus Anda lalui. Berikut ini diantaranya : 

 

  • Kumpulkan ide-ide terlebih dahulu 

 

Untuk bisa membuat barang yang memang sangat baru, Anda membutuhkan ide yang original, dan ide tersebut bisa datang dari lingkungan sekitar Anda. Anda membutuhkan suatu pikiran tentang produk, yang belum pernah ada sebelumnya. Jika Anda masih merasa bingung, catat semua ide yang lewat di pikiran Anda pada sebuah memo tertulis atau di dalam gadget

Pilihlah ide terbaik, yang memang memiliki prospek secerah mentari di masa depan jika dikomersialisasikan. Jangan lupa untuk membuat rencana yang sedetail mungkin agar nantinya Anda tidak dicap sebagai plagiat. Jika perlu, lakukanlah riset terkait produk kompetitor yang memiliki kemungkinan besar untuk bersaing dengan produk Anda nantinya. 

Setelah itu, buatlah prototipenya, yang merupakan barang yang benar-benar baru dan tidak ada kembarannya di dunia. Anda bisa melakukan modifikasi pada barang yang sudah dirilis sebelumnya, atau membuat sesuatu yang benar-benar baru. Selalu rencanakan dari segi biaya nantinya, agar produk bisa disebarluaskan dengan biaya yang ekonomis. 

 

  • Melangkahlah pada tahap pematenan produk 

 

Jika Anda sudah membuat prototipe terkait produk baru yang benar-benar Anda kembangkan sendiri, jangan lupa untuk mematenkan produk agar nantinya Anda lah yang paling berhak atas desain tersebut. Hak paten ini memang diperuntukkan bagi mereka yang pertama kali mengajukan bentuk nyata produk atau konsep, bukan hanya sekedar menemukan desainnya saja.  

Namun proses mematenkan invensi atau penemuan tersebut tidak sekedar mengajukan bentuk fisik atau konsep. Anda harus menjelaskan secara mendetail berbagai fungsi sebuah produk, dan apa dampaknya bagi kehidupan di masa depan. Setelah itu pertimbangkan juga nilai komersial dari produk yang Anda ajukan. 

 

  • Membuat produk 

 

Setelah Anda mematenkan produk, Anda bisa melakukan presentasi di hadapan para investor. Nantinya Anda bisa mendapat kucuran dana sesuai dengan perencanaan budgeting yang telah disusun demi mengkomersialisasikan produk tersebut. 

Baca Juga : Cara Menggabungkan Foto di Photoshop

Dari artikel di atas, bisa kita ketahui jika langkah pertama dalam menciptakan prototipe adalah mencetuskan ide cemerlang terlebih dahulu. Setelah itu, berbagai metode selanjutnya bisa mengikuti.