Langkah Mudah Mendaftarkan SIM Card Tri Dijamin Berhasil!

Langkah Mudah Mendaftarkan SIM Card Tri Dijamin Berhasil!

pinkhungry – Jika Anda pengguna provider tri, maka proses registrasi merupakan hal wajib yang perlu dilakukan ketika pertama kali membelinya. Namun kini tak hanya pengguna baru saja yang harus meregistrasikan kartunya, pengguna lama juga perlu melakukan hal tersebut. Cara registrasi kartu tri juga terbilang mudah yakni dengan menggunakan media SMS atau dengan mengunjungi website 3 secara langsung.

Opsi Cara Pendaftaran SIM Card Tri

Berdasarkan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 14 Tahun 2017, setiap pemakai layanan provider wajib mendaftarkan nomornya, tak terkecuali bagi pemakai provider Tri. Proses pendaftarannya pun memerlukan beberapa persyaratan yang memuat identitas diri, seperti menyertakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) serta nomor KK.

Terkait proses registrasinya, pemilik sim 3 dapat mendaftarkan kartunya melalui beberapa cara, antara lain melalui mekanisme online, pesan, atau melalui layanan 3Store di setiap daerah. Ketiga opsi tersebut juga tidak mengharuskan pemakai membayar sejumlah biaya tertentu alias gratis.

Tahapan Registrasi Melalui SMS

Sama halnya dengan registrasi via online, jika pemilik sim-card tertarik mendaftarkan simnya melalui SMS, Anda juga tidak akan dikenakan biaya sepeser pun. Selain lebih praktis, cara registrasi kartu tri ini juga terbilang sangat mudah digunakan oleh pemakai baru. Lalu bagaimana langkahnya serta tahapannya?

  1. Pertama, buka menu “Pesan” dan memilih menu “SMS”
  2. Lanjutkan dengan memasukkan nomor tujuan yakni “4444”
  3. Ketik pesan dengan format sama seperti ini: REG [spasi] NIK#Nomor Kartu Keluarga#
  4. Selanjutnya Kirim SMS tersebut
  5. Anda akan menerima notifikasi balasan dari pihak Tri yang memberitahukan bahwa nomor tersebut sudah dapat digunakan

Proses Pendaftaran Melalui Website Resmi

Selain melalui pesan, Anda juga dapat mendaftarkan SIM 3 melalui website resmi. Anda diwajibkan mengisi formulir online dengan menyertakan beberapa data diri. Selain itu pengguna juga diharuskan mengisi 4 digit terakahir ICCID pada SIM pengguna. Selengkapnya, ikuti langkah berikut.

  1. Pertama, kunjungi situs resmi 3 yakni di registrasi.tri.co.id
  2. Selanjutnya pilih opsi “Registrasi Kartu Prabayar”
  3. Tahap selanjutnya pengunjung diperintahkan untuk mengisi formulir. Pada tahap ini biasanya pengunjung diwajibkan mengisi beberapa data tertentu seperti nomor SIM, Nomor Induk Kependudukan, serta Nomor Kartu Keluarga
  4. Tahapan berikutnya yakni memasukkan 4 angka terakhir ICCID
  5. Selesaikan proses validasi dengan mencentang kolom “Im not a robot”
  6. Untuk memastikan bahwa tidak ada kesalahan, pastikan Anda melakukan pengecekan ulang
  7. Jika dirasa sudah benar, Anda tinggal memilih opsi “Kirim”

Baca Juga : Mengingat Luciano Leandro Kiprah di PSM Makassar

Perlu diingat bahwa cara registrasi kartu Tri di atas baru bisa berhasil jika pendaftar sudah memiliki data diri yang telah teregistrasi di instansi terkait. Sama seperti opsi sebelumnya, pengguna dapat memastikan bahwa SIMnya sudah dapat digunakan ketika mendapat notifikasi SMS dari pihak Tri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *