Langkah-Langkah Cara Membuat Game Bagi Pemula

Langkah-Langkah Cara Membuat Game Bagi Pemula

pinkhungry – Tingginya gamers di Indonesia menjadi peluang tersendiri untuk Anda mulai berkarya dan memasarkan karya tersebut. Ialah karya berupa game. Menurut Menkominfo dalam konferensi pers IDYTE ESPORTS 2019 lalu di ICE BSD, bahwa lebih dari 40 juta masyarakat Indonesia bermain game. 

Berbeda halnya menurut Pokkt, Decision Lab dan MMA (Mobile Marketing Association), bahwa gamer mobile di Indonesia mencapai 60 juta. Kedua angka tersebut tergolong tinggi serta diprediksi naik pada 2020 menjadi 100 juta gamer. Lalu, bagaimana agar Anda bisa turut menghasilkan karya? Berikut akan kami ulas langkah-langkah cara membuat game untuk pemula. 

Langkah-Langkah Cara Membuat Permainan

Proses pembuatan game tergantung dari tipe gamenya seperti apa, serta membutuhkan platform seperti apa. Mungkin dibayangan Anda akan terlihat susah, terintimidasi, tetapi justru harus dijadikan batu lecutan bagi gamers untuk tidak hanya menikmati game karya orang lain, melainkan mampu menikmati karya sendiri nantinya. 

 

  • Membuat Peta Konsep Sekaligus Meriset

 

Peta konsep ialah ilustrasi antara konsep satu dengan konsep lainnya yang saling berhubungan. Untuk membuat peta konsep, Anda harus merenungkan dan memikirkan ingin membuat game dengan tipe apa, sekaligus bahasa pemrogramannya. 

Misalnya, gamer suka memainkan 2D Role-Playing, maka amati tipe seperti itu bagaimana. Serta, risetlah cara pembuatan tipe 2D Role-Playing tersebut. Anda pun bisa mengikuti kelas kursus berkaitan dengan tipe 2D Role-Palying.

 

  • Buatlah Grand Design

 

Grand Design berisi uraian secara garis besar namun singkat atas tindak lanjut konsep yang Anda buat. Di sini, pencipta akan lebih mendalami apa saja langkah/ proses yang harus segera dilakukan. Apakah memerlukan tenaga lain guna mendukung proses pembuatan, atau cukup mengandalkan keterampilan mandiri. 

 

  • Menentukan Software 

 

Permainan tidak akan bekerja tanpa adanya software. Bahkan, beberapa permainan di Android, membutuhkan software spesifik, misalnya dalam pembuatan karya bentuk 3D. Begitu pun sebaliknya, hanya ada yang membutuhkan compiler sekaligus editor. 

Proses penentuan software harus disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Karena alat atau komputernya saja sudah mahal, prosesornya haus berkualitas dan RAMnya harus besar. Terakhir, software spesifik lebih mahal daripada lainnya. 

 

  • Mulai Pemrograman

 

Pemrograman atau coding bisa dilakukan apabila memang dibutuhkan. Karena ada beberapa yang hanya mengandalkan bahasa pemrograman, tanpa pemrograman khusus. 

Permainan dengan proses kursus rumit seperti tipe RPG game, yaitu memiliki banyak variasi.  Sementara, ada yang bisa dibuat secara lebih sederhana seperti PhoneGap, maka cukup menggunakan HTML, JavaScript, dan CSS. 

 

  • Tes Permainan dan Mulai Menjualnya

 

Proses yang paling ditunggu-tunggu bagi pemilik karya adalah mencobanya. Luangkan banyak waktu untuk menyingkirkan bug. 

Terakhir adalah memasarkannya. Bisa memasarkannya dengan menggunakan bantuan seorang marketing consultant. Serta, menyediakan website pengunduhan, menyediakan copy non-digital untuk selanjutnya didistribusikan kepaada toko permainan sekaligus retailer, dan membuat permainan seluler yang telah didaftarkan di Google Playstore atau Apple App Store. 

Dari langkah-langkah di atas, minimal harus memiliki satu keterampilan, yaitu menguasai satu bahasa pemrograman. Proses belajar bisa cepat berkembang apabila mampu memanfaatkan framework, software, dan kode library untuk mecoba menghasilkan permainan sederhana. 

Baca Juga : Cara Melacak Hp Yang Hilang Paling Cepat

Bagaimana? Tertarikkah untuk mencoba membuatnya? Pembahasan cara membuat game memang menjadi tantangan sekaligus perjalanan mengasyikkan jika bisa menyelesaikannya dengan baik. Karena untuk membuat permainan sederhana saja, konseptualisasi dan grand design Anda harus bagus. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *