Cara Menggabungkan Foto di Photoshop

Cara Menggabungkan Foto di Photoshop

pinkhungry.com – Untuk menjadikan satu element gambar tanpa mengganggu yang lainnya solusinya adalah dengan  menggunakann lapisan layer, biasanya digunakan oleh orang-orang untuk melancarkan pembuatan desain. Namun ketika ingin menggabungkan lapisan-lapisan tersebut ada beberapa option yang dapat dipilih, artikel kali ini akan membahas tentang cara menggabungkan foto di photoshop.

Langkah-Langkah Menggabungkan Foto di Photoshop

Fungsi utama dari layer adalah memudahkan penggunaan pada saat melakukan pengolahan gambar, ada dua metode akan dijelaskan dalam artikel, pertama menggunakan penggabungan ( merging ), kedua menggunakan cara alternatif 

Menggunakan option merging (penggabungan)

  1.  Menggunakan aplikasi di laptop atau PC

Buka aplikasi photoshop di laptop lalu tekan bagian kanan mouse untuk membuka menu penggabungan. Arahkan panah ke panel lapisan, tekan mouse bagian kanan dan menu akan muncul seperti merge layers, merge visible, flatten image.

  1. Pilih option marge down

Kedua lapisannya digabung dan gunakan nama lapisan dibawahnya, opsi tidak bisa diterapkan jika sedang terkunci atau sedang tidak terlihat, jika memilih beberapa layer opsi akan berganti jadi marge layers, secara sederhana anda juga bisa menekan Crlt+E.

  1.  Menggunakan opsi marge layers

Agar dapat menyorot lapisan-lapisan yang ingin anda gabungkan tekan Crlt-klik, lalu klik kanan pilih marge layers.

  1. Aktifkan dan nonaktifkan marge visible dengan cara menggeser tombol lapisannya

Cara tersebut sangat cocok untuk mengabungkan banyak lapisan secara cepat, cukup dengan menghilangkan tanda centang untuk lapisan-lapisan yang tidak ingin digabungkan. Setelah itu, tekan tombol kanan pada mouse dan klik opsi marge visible, hanya tanda centang akan digabungkan, jika tidak bercentang maka akan diabaikan

  1. Menggabungkan semua lapisan menjadi satu

Agar dapat menggabungkan lapisan-lapisan menjadi satu pilih Alt-klik pada opsi merge visible.

  1. Menghapus lapisan yang tidak terlihat

Supaya lapisannya menjadi satu dan menghapus lapisan-lapisan tidak terlihat Anda bisa memilih opsi flatten.

  1. Memisahkan lapisan file yang digabungkan

Perlu diketahui Anda tidak bisa memisahkan lapisannya setelah digabungkan karena penggabungan akan menghilangkan sebagian control.

Menggunakan Cara Alternative Lainnya

  1. Dengan menyatukannya

Tanpa menyatukannya, maka Anda tidak akan bisa menautkan lapisan untuk menyunting, menyalin, maupun menggerakkannya. Karena lapisan-lapisan tersebut saling terkait satu sama lain.

  1. Kelompokan untuk mengerjakan bagian-bagian tertentu

Cara pengelompokan dengan memilih lapisan-lapisan lalu klik kanan dan tekan group from layers

  1. Mengenai lapisan-lapisan yang tidak bisa dikelompokkan atasi dengan resterasi

Masalah ini jarang terjadi, tetapi perlu Anda ketahui andai menemui masalah seperti ini hal yang perlu dilakukan dengan klik kanan > rasterize > usahakan lapisan dapat terlihat > pastikan juga clipping mask sudah terpilih Anda perlu menyorotnya supaya lapisan dapat digabungkan.

Baca Juga : cara Mengatur Kecerahan Layar Pada Perangkat Windows 7

Demikian penjelasan mengenai cara menggabungkan foto di photoshop, cara ini tergolong mudah bagi para pemula yang baru belajar aplikasi photoshop, semoga penjelasan di atas dijelaskan secara mudah dan gampang dipahami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *